Indonesia Mangkin Cakap Digital

Indonesia Mangkin Cakap Digital – Mungkin banyak orang yang kurang mengerti apa itu Indonesia Mangkin Cakap Digital, dikarenakan di Indonesia hampir warganya masih ada yang belum bisa mempelajari internet. Akan tetapi ada kemungkinan juga beberapa orang yang sudah tau bahkan paham maksud dari kata “Indonesia Mangkin Cakap Digital” tersebut. Begitu juga dengan diri saya pribadi, awal mulanya saya tidak mengerti apa itu Cakap Digital. Ternyata setelah saya mengikuti bebarapa programmer dari Relawan TIK indonesia khususnya di daerah Relawan TIK Kalimantan Barat, akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai mengerti dan paham dari kata “Indonesia Mangkin Cakap Digital”. Maksud dari Indonesia Mangkin Cakap Digital adalah Di tahun 2021 Indonesia menginginkan sebuah percakapan atau komunikasi yang lebih baik melalui bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Nah, jadi Indonesia Mangkin Cakap Digital tersebut merupakan sebuah program yang diselenggarakan dari kementrian kominfo Relawan TIK Indonesia yang bekerja sama dengan Relawan TIK Kalimantan Barat serta juga Relawan TIK daerah – daerah lainnya. Yang dimana seminar tersebut akan diselenggarakan pada hari Kamis s/d Jum’at tanggal 20-21 Mei 2021 jam 09:00 WIB, yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo* dan Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Bapak *H. Sutarmidji S.H., M.Hum.*

dan Juga di lanjutkan dengan *Digital Skill* dengan Judul

1. Budaya internet dan pemanfaatan internet untuk proses belajar mengajar

2. Pemanfaatan internet untuk keluarga dan kesehatan

3.Pemanfaatan internet untuk toleransi dan teman disabilitas

Sejak berdirinya kepengurusan Relawan TIK Indonesia Jawa Tengah pada tahun 2014 telah banyak yang dilakukan dalam rangka Literasi Digital dalam hal ini Literasi dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yang lebih banyak adalah dalam proses pendampungan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di desa-desa di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Selain desa-desa yang menjadi target pemberdayaan dan literasi digital yang dilakukan oleh Relawan TIK Indonesia Provinsi Jawa Tengah , proses literasi masuk pada lingkungan sekolah dan kampus-kampus yang berada di wilayah Jawa Tengah, bahkan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah telah mendapatkan Literasi Digital pada tahun 2018 .

Tentunya bukan hanya di daerah Provinsi Jawa Tengah Relawan TIK Indonesia bergerak dengan telah terbentuknya pengurus di 33 provinsi di Indonesia serta ditiap tingkat kabupaten dan kampus di wilayah Republik Indonesia, semakin mengokohkan bahwa Relawan TIK Indonesia juga merupakan pioner Literasi Digital di Indonesia.

Tentu dulu kita mengenal banyak komunitas pemberdayaan IT seperti komunitas Pengguna Linux Indonesia ( KPLI ), komunitas ini telah lama berdiri dan mendedikasikan dirinya sebagai komunitas yang memberikan pengetahuan tentang penggunaan operasi Sistem Linux , hingga akhirnya keluar surat keputusan bersama beberapa menteri dalam penggunaan Sistem Operasi berbasis Open Source. Selain itu komunitas blogger yang cukup banyak diindonesia diera tahun 2000 an merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sejarah Literasi Digital di Indonesia.

Saat ini tentu ada hal yang tidak dipungkiri bila masih terdapat daerah-daerah yang mengalami kesenjangan digital tersebut baik dari infrastruktur dengan pemahaman penggunaan teknologi digital yang semakin cepat bergerak. Kehadiran Relawan TIK Indonesia di tahun 2012 memberikan warna baru bahkan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan dan pemberdayaan Literasi Digital di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Peningkatan Sumber Daya Manusia dibidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah pekerjaan yang cukup berat dengan kondisi Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan sebanyak lebih dari 74ribu desa , tentu saja bukan hanya Relawan TIK Indonesia yang bergerak , tetapi seluruh komponan dan stakeholder yang memliki kemampuan dibidang TIK bergandengan tangan bersama membentuk Negeri Ini menjadi Negara yang Makin Cakap Digital.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *