DPW Relawan TIK Kalimantan Barat

DPW Relawan TIK Kalimantan Barat – Apa itu Relawan TIK? Relawan TIK adalah suatu program atau organisasi yang disediakan dari Kementrian Teknologi Informasi Komunikasi dimana saat ini diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo Relawan TIK Indonesia. Relawan TIK tersebut ditetapkan oleh bapak Aswhin Sasongko pada tanggal 04 Juli 2021 dengan disaksikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo serta di lajutkan dengan Musyawarah Nasional pertama. Dan dilanjutkan lagi pada bulan April 2012, diselenggarakan Munas Relawan TIK Indonesia yang ke dua, sekaligus pembentukan pengurusan untuk masa bakti 2012 – 2015. Dari akta berdasarkan akte notaris Benediktus Andy Widyo, SH, nomor 23  tanggal 28 September 2012.

Pembentukan DPW Rtik Kalimantan Barat 

Maksud dari DPW Rtik Kalimantan Barat adalah suatu Dewan Perwakilan Wilayah sebagai Relawan TIK di Kalimantan Barat, yang dimana saat ini bekerja sama dengan Kominfo Relawan TIK Indonesia dalam programnya yaitu Webinar dan Lokakarya Pandu Digital. Karena saat ini disetiap daerah harus ada Para Relawan TIK nya. Maka dibuat lah DPW Rtik di 34 Provinsi Indonesia, salah satunya yaitu di Provinsi Kalimantan Barat kota Pontianak.

Nah, saat ini di daerah provinsi Kalimantan Barat, juga ada Dewan Perwakilan Wilayah Rtik nya, yang diketuai oleh bapak Ferianto, S.Hut dan sebagai penasehatnya adalah bapak Dwi Wahyudi, S.E.

Relawan TIK Kalimantan Barat sudah ada sejak tahun 2014. Namun pada saat itu, organisasi Relawan TIK Kalimantan Barat tersebut terpaksa di vakum sementara. Disebabkan belum ada pembentukan pengurusan organisasi serta para anggotanya. Tapi alhamdulillah dengan niat yang penuh dengan kesabaran, akhirnya pada awal tahun 2021 ini, bapak Dwi Wahyudi, S.E sebagai pengurus utama di Relawan TIK Kalimantan Barat, telah menemukan orang yang semisi dan sevisi dalam mengembangkan ilmu di bidang IT (Information technology). Maka di bentuklah sebuah organisasi Relawan TIK Kalimantan Barat tersebut pada tanggal 16 April 2021, bertempat di Laboratorium Komputer Lembaga Kursus dan Pelatihan Yale Communication. Sesuai dengan pengajuan Relawan TIK pusat di Jakarta

Patut kita syukuri atas berkat rahmad Allah yang telah diberikan kepada kita semua. Setelah sekian lama Rtik Kalimantan Barat terpendam, akhirnya di tahun 2021 ini Rtik Kalimantan Barat bangkit kembali. Dengan di lakukan oleh orang-orang yang hati nuraninya penuh sukarelawan, yaitu orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela, tidak untuk dipaksa atau diwajibkan serta tidak mengharapkan imbalan atas kebaikannya.

Struktur dan Tujuan DPW Rtik Kalimantan Barat 

Di dalam sebuah organisasi pasti ada struktur pengurusan organisasi tersebut. Berikut ini dilampirkan nama para pengurus utama Relawan TIK Provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 – 2025, sebagai berikut :
● Dewan Penasehat: Dwi Wahyudi, S.E.
● Dewan Pembina: Fitria Ningsih, A.Md
● Ketua Umum: Ferianto, S.Hut
● Sekretaris: Puspo Galih Wichaksana
● Bendahara: Ira Dwi Lestari
● Anggota: Rahmad Widyo Utomo, Aldy Tri Wahyudi, Deny Sutrisno, S.Pd.I, Agun Harani, M. Fierhand Ramadhan.

Dari struktur pengurusan organisasi Relawan TIK tersebut, mereka memiliki tujuan yang sama. Yaitu tujuan utamanya adalah edukasi dan sosialisasi dalam mengembangkan, peningkatan dan pemberdayaan ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas melalui program Indonesia Mangkin Cakap Digital, menujukan masyarakat Indonesia yang lebih informatif lagi.

Khususnya di provinsi Kalimantan Barat. DPW Rtik Kalimantan Barat memiliki tujuan dan bertugas untuk mengajarkan dan membagikan ilmu pembelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di seluruh daerah Kalimantan Barat. Agar di Kalimantan Barat terhindar dari penipuan informasi – informasi hoax yang ada.

Pembagian DPC Rtik Wilayah Kalimantan Barat 

Setelah pembentukan DPW Rtik Kalimantan Barat. Maka di wilayah provinsi Kalimantan Barat, juga membagikan DPC Rtik (Dewan Perwakilan Cabang) Relawan TIK Kalimantan Barat. Yang di bagikan setiap daerah kabupatennya masing-masing.
Adapun daerah kabupaten atau kota yang di bagikan DPC Rtik nya adalah sebagai berikut :
1. Kota Pontianak
2. Kabupaten Kubu Raya
3. Singkawang
4. Sambas
5. Ketapang
6. Kayong Utara
7. Sanggau
8. Sintang
9. Melawi
10. Landak
11. Putussibau
12. Bengkayang
13. Sekadau
14. Mempawah

Dari setiap daerah kabupaten atau kota tersebut, akan diberikan kandidatnya masing-masing supaya DPC Rtik nya berjalan lancar. Tujuan dari pembagian DPC Rtik ini adalah untuk mengembangkan dan memajukan teknologi informasi di setiap daerah atau kabupatennya masing-masing, serta mencegah masuknya informasi – informasi hoax yang ada di Indonesia.

Kesimpulan :
Jadilah warga Indonesia yang lebih bijaksana, inovatif, kreatif dan berkomunikatif. Dan gunakanlah teknologi dengan cara positif.

#BanggaJadiRelawanTIK
#RtikIndonesia
#RtikKalimantanBarat
#LKPYaleCommunication
#BloggerKubuRaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *