Peningkatan Nilai Produk Hutan Konservasi Bersama (PJLHK) Dan Pontimarket.

Peningkatan Nilai Produk Hutan Konservasi Bersama (PJLHK) Dan Pontimarket. – Dalam rangkaian upaya menciptakan produk hutan konservasi yang siap pakai dan dipasarkan, Direktorat pemanfaatan jasa lingkungan hutan konservasi (PJLHK) bersama Pontimarket mengadakan acara dalam meningkatkan nilai produk hutan konservasi ini  dengan menghadirkan para peserta pelatihan UMKM,untuk  meningkatkan nilai produk jualannya. Pembiayaan kegiatan tersebut dibebankan kepada Anggaran Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi yang bersumber dari Forest Investmen Program 1 (FIP-1) tahun anggaran 2021.  Kegiatan tersebut di adakan pada tanggal 15 – 17 November 2021, bertempatan di Hotel Goldep Tulip, Jl. Teuku Umar No.39 Kota Pontianak.

Di dalam acara tersebut di hadirkan juga beberapa narasumber nasional yang luar biasa, serta dihadirkan juga peserta UMKM dari berbagai macam kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Adapun narasumber yang luar biasanya tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak yaitu yang terhormat bapak Januardi Saktiawan, yang akan memperkenalkan suatu proses pendaftaran Pirt Produk Olahan.
  2. Narasumber dari bapak Sugeng Handoko yang akan menjelaskan bagaimana cara sukses dari Story Pengembangan Produk Desa Wisata Nglanggeran.
  3. Narasumber dari bapak N. Henray Ekasaputra, S.Pd yang akan menjelaskan juga cara Mempromosikan Suatu Produk Melalui Media Digital.
  4. Narasumber dari ibu Vivi Lestari, S. Sos.MM yang akan membagikan sedikit ilmu tentang Strategi Pengembangan Suatu Produk UKMKM.

Dari ke empat narasumber di atas, hanya dua narasumber saja yang bisa dapat penulis jelaskan atau menyimpulkan kembali dari materi ke dua narasumber tersebut. Adapun narasumbernya yaitu bapak N. Henray Ekasaputra, S.Pd dan ibu Vivi Lestari, S.Sos.MM.

Paparan Dari Narasumber Bapak N. Henray Ekasaputra, S.Pd

Judul materi dari Pak Henray ini, menjelaskan tentang Pemasaran Digital. Menurut pengertian dari materinya pemasaran digital adalah suatu pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan teknologi digital melalui internet, media sosial, telepon seluler, atau media digital lainnya.

Menurutnya lagi bahwa pemasaran digital ini, juga ada manfaatnya bagi para pengusaha UMKM yang masih pemula. Adapun pemanfaatannya yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatkan hasil penjualan dan keuntungan yang maksimal
  • Menghemat waktu, dana dan energi yang sedianya digunakan untuk promosi secara tradisional
  • Menjaring market dan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas
  • Menjadi penghubung antara penjual dan customer secara lebih mudah
  • Meningkatkan return on investment
  • Meningkatkan daya saing secara bisnis

Nah, dari pemanfaatan diatas sangatlah cocok bagi para anggota UMKM yang sudah memulai suatu produk usahanya, dalam bidang media digital atau pun media sosial. Namun sebelum itu bagaimanakah caranya para anggota UMKM ini, mulai memasarkan suatu produk usahanya di media digital saat ini. Jadi cara nya yaitu yang pertama setiap pengusaha UMKM haruslah mempunyai Website di media sosialnya. Fungsi dari website ini berguna untuk tempat penyimpanan suatu produk barangnya yang mau dijual, agar para konsumen nanti dapat mudah mencari dan membelinya di media sosial. Yang kedua, pengusaha UMKM juga harus memiliki blog atau tulisan. Fungsinya agar pengusaha tersebut bisa mempromosikan atau menjelaskan suatu produk yang mau dijualnya nanti, dan konsumen pun mudah mengerti apa yang dijual dan dari mana asal usul penjualnya tersebut. Dan yang ketiga pengusaha UMKM pun harus mempunyai akun media sosialnya. Contohnya seperti Facebook, Instragram, WhatsApp, TikTok dan lain-lain. Selajutnya yang terakhir agar supaya suatu produknya mudah di promosikan, pengusaha UMKM juga harus memiliki akun Marketplace di dalam handphone nya. Contohnya yaitu seperti Aplikasi Shopee, Toko Pedia, Lazada, Buka Lapak dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Paparan Dari Narasumber Ibu Vivi Lestari, S. Sos.MM

Dari penjelasan ibu Vivi ini, ia memberikan materi yang berjudul Strategi Pengembangan Produk Hasil Hutan Bukan Kayu di Kawasan Konservasi. Maksudnya di kawasan konservasi ini, produk dari hasil hutan bukanlah hanya berupa kayu saja, melainkan jenis makanan dan minuman juga ada dari hasil hutan di kawasan konservasi ini. Adapun jenis makanan dan minuman dari produk hasil hutan di kawasan konsernasi ini yaitu sebagai berikut :

  • Madu
  • Gaharu
  • Kerupuk Basa
  • Kerupuk Ikan
  • Ikan Awetan
  • Lempok
  • Teh Mangrove
  • Sirup Mangrove
  • Dll

Disini menurut penjelasan ibu Vivi, juga ada permasalahan di setiap UMKM. Karena memang benar disetiap usaha apapun pasti ada cobaan atau permasalahan dalam menuju kesuksesan. Nah, jadi disini ada beberapa masala yang sering dihadapi para UMKM, yaitu sebagai berikut pengertiannya :

  1. 1 Produk Quality

Kualitas produk merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu proses produksi baik untuk produk yang dijual didalam negeri maupun produk yang dijual untuk tujuan ekspor. Masalah kualitas dalam produk garmen sangat penting sekali karena semua hasil produksi yang dihasilkan oleh perusahaan untuk pasar Eropa yang memiliki standar mutu AQL 2.5 yaitu standar mutu yang ketat dan suatu standar yang telah ditetapkan bagi produk-produk garmen yang akan dipasarkan nanti.

  1. 2 Packaging

Packaging merupakan alat atau material yang digunakan untuk membungkus barang. Packaging berfungsi untuk melindungi barang dan menampilkan pesan produk. Sehingga membuat desain dan bentuk packaging tidak boleh sembarangan, karena akan berpengaruh terhadap Citra produk atau penilaian konsumen terhadap produk tersebut.Packaging merupakan unsur penting pada suatu produk. Packaging bisa membuat produk Anda lebih berkesan, menarik dan berkualitas.

  1. 3 Permodalan

Bagi pendiri usaha UMKM, permodalan merupakan fondasi awal yang sangat penting diperhatiakan sebelum menjalakan sebuah usahanya. Adanya modal untuk pekerjaan akan menjadikan perusahaan dapat memenuhi kewajiban jangka pendek yang berguna untuk menjalakan kegiatan operarasionalnya setiap hari.

  1. 4 Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan tau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Didalam pemasaran juga ada strateginya yaitu melakukan segmentasi pasar, menentukan target pasar, dan menuju market positioning.

7 strategi agar Bisnis Bertahan Saat Pandemi

Didalam masa pandemi covid 19 ini ada 7 stragegi dari ibu Vivi ini dalam mempertahankan bisnis kita agar tetap aman terkendali. Berikut 7 strateginya yaitu sebagai berikut :

  1. Menegosiasi biaya sewa tempat usaha
  2. Melakukan kerjasama promosi dengan pembisnis/kewirausahaan
  3. Bersikap transparan dengan para karyawan
  4. Memperluas pasar dengan go offline dan go online melalui platform e-commerce
  5. Melakukan restrukturisasi kredit
  6. Membuat produk baru sesuai kebutuhan masyarakat saat ini
  7. Menunda rencana penambahan modal kerja dalam bentuk utang/pinjaman

Nah, jadi ini lah dia beberapa strategi agar bisnis kita dapat bertahan pada masa pandemi ini. Tapi tidak hanya strategi saja yang diberikan dari ibu Vivi ini. Akan tetapi untuk para UMKM juga diberikan solusi agar dapat bergabung ke dalam marketplace. Yaitu syarat yang pertama para UMKM perlu memiliki manajmen stock produk yang terintegrasi dengan pembelian dan penjualan, sehingga mampu memantau persediaan barang dengan cepat dan tepat serta dapat mencatat stock barang yang akan otomatis berkurang jika terjadi penjualan atas tiap produk yang ditawarkan. Selanjutnya yang kedua UMKM juga perlu mengintegrasi pengiriman barang dagangannya baik didalam kota maupun antar kota sampai ke antar negara. Lalu yang ketiga UMKM harus dapat terintegrasi dengan sistem komunikasi yang cepat kepada pelanggan, sekalipun tidak dapat bertatap muka langsung dengan pelanggan.

Setelah dapat bergabung para UMKM juga membutuhkan bantuan yang dibutuhkannya dan memiliki harapannya yaitu para UMKM berharap adanya bantuan penundaan pembayaran pinjaman/relaksasi, dikarenakan selama masa pandemi pemasukan pelaku usaha mengalami penurunan. Berharap adanya bantuan penundaan pembayaran pajak, karena saat ini sudah ada kebijakan intensif pajak untuk UMKM. Lalu diberi kemudahan saat adminitrasi dan pengajuan pinjaman.

Penutup

Nah, jadi ini lah beberapa sedikit materi dari kedua narasumber tersebut yang bisa penulis jelaskan atau menyimpulkannya kembali. Selebihnya mohon maaf jika ada kesalahan kata atau kalimat dalam tulisan ini, yang membuat anda bingung atau tidak dimengerti. Karena seperti dulu penulis katakan, bahwa setiap manusia itu pasti ada kesalahan,walaupun itu hanya sedikit. Cukup sekian dari saya akhirkata Wabillahitaufik walhidaya wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *